Asean Tujuan Ekspor Utama Jabar

image

 

Perekonomian Jawa Barat Terus Mengalami peningkatan, dari beberapa aspek penilaian di bandingkan tahun lalu, tahun ini Ekonomi Jabar lebih baik. Setelah membukukan kinerja yang positif pada 2016, perekonomian Jabar pada 2017 diperkirakan akan terus membaik. Laju pertumbuhan ekonomi Jabar diperkirakan akan berada pada kisaran 5,5 persen – 5,9 persen.

Demikian diungkapkan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jabar Juda Agung saat Konferensi Pers Perkembangan Ekonomi Terkini dan Prospek Perekonomian, di Bandung.

Juda memaparkan pada tahun ini dari sisi domestik, konsumsi diperkirakan masih kuat. Hal itu didorong oleh suku bunga kredit yang diprediksi turun dan belanja infrastruktur yang diperkirakan membaik dibandingkan tahun lalu. Di samping itu, kenaikan UMK diperkirakan juga akan menjaga daya beli masyarakat.

Sementara dari sisi lapangan usaha, industri pengolahan diperkirakan terdorong oleh meningkatnya peran Jawa Barat sebagai basis industri otomotif ASEAN serta implementasi MEA yang semakin mendorong transaksi perdagangan di kawasan ASEAN. Hal ini menjadi penting karena ASEAN merupakan tujuan ekspor utama Jawa Barat.

“Kemudian, investasi dan lapangan usaha konstruksi diperkirakan juga akan membaik seiring dengan penyelesaian berbagai proyek infrastruktur strategis, seperti Jalan Tol Cisumdawu, Bandara Internasional Kertajati, LRT Terintegrasi Jabodebek, Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi), serta pembangunan Bandung Intra Urban Toll Road/BIUTR,” katanya.

Lebih lanjut, Juda mengatakan perkembangan dunia juga mendukung tren tersebut. Perekonomian dunia yang diperkirakan tumbuh 3,4 persen dari sebelumnya 3,1 persen pada 2016 lalu akan memberikan dorongan pada ekspor Jabar.

“Sementara inflasi Jabar pada 2017 diperkirakan masih dalam kisaran 4 ± 1% namun risiko kenaikan administred prices dan volatile food tetap perlu diwaspadai,” katanya.

Sumber : strategidanbisnis.com

Tue, 2 May 2017 @14:53

Copyright © 2017 KJA ASHADI DAN REKAN · All Rights Reserved
powered by sitekno